Selasa, 20 April 2010

“ TIGA HAL DARI AMAL SIA – SIA (TAK BERMANFAAT) YAITU MENYEKUTUKAN (SYIRIK) KEPADA ALLAH DURHAKA KEPADA IBU – BAPAK DAN LARI DARI PERJUANGAN “

Bagi orang yang beriman sempurna akan meninggalkan apa pun yang tidak membawa arti, yang tidak bermanfaat, apa lagi amalan yang membawa dosa, misalnya :

1. Syirik pada Allah, ia percaya pada Allah tapi masih juga percaya pada benda – benda atau kekuatan ghaib lain yang mendatangkan keuntungan atau menyebabkan ketakutan/bahaya, jadi bertuhankan pada hawa nafsu. Semua jenis syirik yang mengarah pada bertuhankan selain Allah, termasuk dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah.

2. Mendurhakai kepada ibu bapak, menyakiti hati keduanya bersikap angkuh terhadap keduanya apalagi dikala kaya, dihinakannya keduanya seakan tidak ingat ia lahir ke dunia lantaran keduanya dengan izin Allah. Durhaka kepada orang tua juga termasuk dosa besar.

3. Lari dari perjuangan, lari dari tanggungjawab bersama, menghindari dari kepentingan ummat, maunya enaknya saja, akhirnya bersifat takaburm, ujub, dan memandang rendah semua perkara. Ia sendiri yang baik, yang pandai, serba super. Lari dari perjuangan adalah dosa besar yang dimurkai oleh Allah.

Tiga hal perbuatan sia – sia ini, tidak sepantasnya dilakukan oleh orang yang sudah menyatakan diri beriman.


Sumber : 150 Hadits – Hadits Pilihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar